YouTuber Bayu Skak Berbahasa Jawa, Penonton Banyak dari Suriname

YouTuber asal Malang, Bayu Eko Moektito alias “ Bayu Skak”, menjadi YouTuber Indonesia pertama dari luar Jakarta yang menembus satu juta subscriber. Ciri khas yang melekat pada konten-kontennya adalah bahasa Jawa yang kental dan sarat guyonan.

Meski demikian, penonton channel YouTube Bayu Skak sejatinya tak hanya datang dari daerah Jawa. Remaja 23 tahun itu mengatakan banyak pula penonton yang datang dari kota-kota luar Jawa, bahkan dari luar negeri.

“Tiga belas persen penonton aku berasal dari sebuah negara di Benua Amerika bernama Suriname,” ujarnya kepada KompasTekno, Senin (18/9/2017), usai pembukaan YouTube Pop-Up Space Jakarta.

Suriname memiliki jejak historikal khusus dengan Indonesia. Pada abad ke-18, banyak orang Indonesia yang didatangkan ke sana oleh pemerintah Belanda. Pasalnya, Suriname merupakan bekas jajahan Belanda.

“Banyak sekali orang Jawa yang ketika zaman penjajahan dibawa ke Suriname dan beranak pinak. Mereka nonton video aku dan suka komentar ‘kulo saking Suriname’ (saya dari Suriname),” Bayu Skak menjelaskan.

Selain dari Suriname, penonton channel YouTube Bayu Skak di luar negeri juga banyak berasal dari Malaysia dan Jepang. Ia tak merinci berapa persen komponen masing-masing penonton dari dua negara itu, yang jelas paling banyak dari Suriname.

Di Indonesia, penonton channel YouTube Bayu Skak paling banyak secara berurutan dari Sidoarjo, Blitar, Lampung, Jakarta, Malang, Solo, dan Yogyakarta. Jika dilihat dari persentasi jenis kelamin, sekitar 60 persen adalah penonton lelaki dan sebanyak 40 persen merupakan penonton perempuan dengan usia 12 hingga 25 tahun.

Video yang paling banyak ditonton umumnya berkaitan dengan hal-hal lokal dan kebiasaan orang Jawa. Misalnya saja video berjudul Tipikal Wong Jowo yang menghimpun lebih dari 2,3 juta view.

Selain Bayu Skak, ada delapan channel YouTube Tanah Air yang sudah menembus satu juta subscriber. Masing-masing adalah Raditya Dika, Edho Zell, Reza “Arap” Oktovian, SkinnyIndonesian24, Gen Halilintar, Ria Ricis, Net Mediatama, dan Musica Studio.