Tips Ampuh Atasi Kecanduan Smartphone

No comment 28 views

Baru-baru ini kami sering kali membahas perihal dampak-dampak negatif yang dimunculkan oleh telepon seluler. Tetapi, cuma dengan mengerti dampak negatifnya saja tidak cukup tepat sasaran untuk mengeluarkan Anda dari kecanduan telepon seluler atau dikenal dengan istilah nomophobia (no mobile phone phobia). Oleh karena itu kami akan menolong Anda dengan memberikan enam kiat ampuh berikut ini.

Silent telepon seluler

Sadar atau tidak sadar, notifikasi pada telepon seluler menimbulkan rasa penasaran yang dapat membuat kita terus-menerus mengecek telepon seluler. Sedangkan sekiranya dipikir-pikir tidak seluruh notifikasi itu penting. Malahan sebagian nontifikasi seperti kabar viral atau gosip sering kali membuat Anda gagal fokus. Untuk itu aktifkan saja notifikasi yang dirasa penting seperti SMS, WhatsApp, dan tentunya aplikasi
Sekiranya Anda tidak ingin ketinggalan notifikasi pada telepon seluler, satu-satunya sistem yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggunakan smartwatch. Sebab dengan smartwatch Anda masih dapat melihat notifikasi atau mengerjakan sebagian perbuatan seperti membaca dan membalas pesan tanpa harus melihat layar telepon seluler terus menerus. Anda dapat coba sistem ini, apalagi kini banyak smartwatch yang dijual dengan harga yang relatif murah.

Timer penggunaan

Anda mempunyai kehidupan yang jauh lebih luas dan cantik dibanding terus menatap layar berukuran 4-6 inci ini. Oleh karena itu atur penggunaan telepon seluler. Riilnya, sebagian telepon seluler keluaran terupdate sudah menyokong fitur student mode dimana sekiranya waktu penggunaan aplikasi sudah via batas waktu yang diatur pada hari itu, aplikasi tidak dapat dibuka lagi. Mirip seperti bermain PS di rental http://www.digitalponsel.com.

Sekiranya telepon seluler Anda belum menyokong fitur ini, Anda dapat membuat janji untuk membagi waktu penggunaa telepon seluler dalam sehari. Ciptakan tradisi seperti menggunakan telepon seluler dua jam di pagi hari, dua jam di siang hari, dan dua jam di malam hari.

Satu tambahan lagi, jangan gunakan telepon seluler pada 30 menit setelah bangun tidur atau 30 menit sebelum tidur. Sebab menurut penelitian, hal itulah yan sering kali membuat banyak orang kecanduan telepon seluler.

Kegiatan non-telepon seluler

Metode berikut ini cukup tepat sasaran untuk menurunkan kadar kecanduan telepon seluler Anda. Ciptakan kesibukan mengasyikan yang dapat membuat Anda lupa dengan telepon seluler seperti olahraga. Ajak teman atau pasangan Anda untuk ikut dengan kesibukan hal yang demikian supaya Anda tidak mudah bosan. Setidaknya Anda sudah terhindar dari telepon seluler selama sebagian jam.